Rabu, 27 Juni 2012

Jasa Taman | MENGHITUNG ANGGARAN MEMBANGUN TAMAN

Beberapa pecinta taman, kadang kala tidak bertanya tentang anggaran taman yang akan dia bangun. Yang penting sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya, maka anggaran menjadi nomor ke sekian untuk dibicarakan. 

Bagi sebagian yang lain, ada kalanya membuat taman diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan anggaran yang sudah ditentukan. Membuat taman di halaman rumah dengan anggaran fix tentu dapat dilakukan, yang perlu kita ketahui, ada beberapa komponen yang sebenarnya tidak bisa di tekan pembiayaannya, dan ada juga komponen yang bisa ditekan pembiayaannya. 

Komponen-komponen yang tidak bisa ditawar (komponen tetap) sebagai materi utama taman adalah sebagai berikut: 
  1. Tanah/ Media tanam.
  2. Material pencegah rayap dan penyakit bawaan tanaman.
  3. Pupuk kompos/ kandang.
  4. Biaya mobilisasi dan demobilisasi
  5. Material penutup tanah ( rumput, batu koral, pluran atau semak hias penutup tanah)
  6. Material drainase.
Sedapat mungkin komponen yang disebutkan diatas penuhi dengan semaksimal mungkin. Memang biaya yang cukup besar sebagian ada pada komponen tersebut, namun itu sudah menjadi modal dasar kita dalam membangun taman karena masa depan sebuah taman akan bergantung denga kuantitas dan kualitas komponen-komponen tersebut.

Tanah yang gembur bila dipadatkan atau bila terpadatkan oleh alam, akan mengalami penyusutan, apalagi bila terus menerus disiram. Jadi sebaiknya kebutuhan tanah dilebihkan 10% dari kebutuhan  dengan maksud untuk menjaga leveling kontur tanah di masa depan.

Material pencegah rayap dan penyakit bawaan diwajibkan di aplikasikan di sebuah taman untuk mengantisipasi adanya penyakit tanaman yang dibawa oleh tanaman.

Pupuk kompos/ kandang, merupakan nutrisi bagi tanaman yang baru ditanam, sekaligus menjadi media penggembur tanah dan media hidup organisme tanah. Organisme tanah (cacing dan sebanganya) dibutuhkan berada di taman untuk menjaga kegemburan taman. Pupuk kompos/ kandang juga berguna untuk menjamin perkembangan tumbuhan dan akar.

Biaya mobilisasi dan demobilisasi sangat diperlukan untuk memindahkan semua material dari lokasi awal ke lokasi taman yang akan dibangun.

Tentu, secara normal, taman harusnya tertutup dengan material-material yang dapat menutup permukaan tanahnya. Penutup tanah ini dapat dipilih sesuai kebutuhan dan keserasian kebutuhan konsumen. Walaupun ada juga taman yang dibiarkan tanahnya terbuka sedemikian rupa.

Sebuah taman akan menjadi baik bila didukung oleh sistem drainase yang baik pula. Tidak jarang, sistem ini harus di rencanakan sebaik mungkin dan memerlukan biaya yang cukup signifikan, tergantung keadaan taman yang akan dibangun.

Sedangkan, komponen-komponen yang bisa dibatasi pembiayaannya (komponen variable) adalah sebagai berikut:
  1. Tenaga kerja.
  2. Soft material (pohon, semak, rumput)
  3. Hardscape (batu alam, fountain dll)
Untuk menekan biaya pembuatan taman sebaiknya dilakukan pada komponen-komponen diatas, yaitu dengan memakai tanaman yang relatif murah atau mungkin jumlahnya yang ditekan sedemikian rupa sehingga anggaran yang ditetapkan bisa tercapai.

Pada dasarnya istilah "ada harga ada barang" sangat berlaku pada hal pembuatan taman. Artinya: dengan harga yang cukup tinggi, tentu kita akan mendapatkan komponen variable yang relatif lebih banyak atau kualitas lebih baik. Sebaliknya, dengan pembiayaan yang lebih kecil, kita akan mendapatkan komponen variabel yang relatif lebih sedikit atau kualitas yang lebih rendah. Jadi untuk menentukan anggaran taman, sangat disarankan dengan melihat harga real dari seluruh komponen yang ada, termasuk spek material yang akan ditawarkan. Disini berarti ada transparansi pembiayaan, dimana harga yang diterakan sebaiknya dibarengi dengan spek tanaman yang ditawarkan.

Namun, bagi beberapa kelompok, anggaran taman kadang kala dibuat dalam bentuk lump sum (diperhitungkan secara rata-rata per meter perseginya). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di perincian dibawah ini;
  • Untuk jenis taman publik yang bersifat massal, kelompok ini sering menganggarkan pembiayaan Rp. 125.000 s/d 200.000/ m2. 
  • Untuk jenis taman sedang sampai menengah, dianggarkan Rp. 225.000 s/d 300.000/ m2.
  • Untuk jenis taman menengah ke atas, dianggarkan Rp. 325.000 s/d 600.000,-/ m2
  • Untuk jenis taman ekslusif, dianggarkan sehingga tidak terhingga/ m2.
Penganggaran diatas sudah termasuk semua material dan tenaga kerja (mungkin juga sudah termasuk garansi hidup tanaman)
Untuk mendapatkan anggaran sebagai patokan, tentu hal diatas akan sangat membantu. Kita bisa ukur lahan taman kita, dan memilih jenis taman apa yang akan diterapkan, maka akan muncul nilai anggaran yang kita inginkan. Namun untuk memastikan seperti apa spek dan jumlah material yang akan diterapkan, tentu menjadi hal yang sulit.

Oleh karena itu, dewasa ini semakin banyak ahli taman yang mengadopsi sistem transparansi biaya, sehingga konsumen dapat mengetahui apa yang ditawarkan dan berapa yang ditawarkan.

Sekarang tinggal kebutuhan Anda, menentukan anggaran seperti apa yang Anda butuhkan, tinggal sebutkan keinginan Anda.

Editor | Jasa Taman | Agro Gemilang |
Posted by: Agro Gemilang Jasa Taman Updated at: 02.29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar