Jumat, 08 Juni 2012

Jasa Taman | SUMUR RESAPAN: SALAH SATU CARA UNTUK MENEKAN DAMPAK BANJIR


Dewasa ini kota-kota besar di Indonesia menjadi langganan banjir dan sepertinya tidak kunjung terhindari. Setiap musim penghujan dan terjadi hujan besar kondisi daerah sekitar kita sering banjir. Mengapa? Hal tersebut diakibatkan semakin sedikitnya daerah resapan air hujan. Lapangan terbuka hijau semakin tergeser digantikan dengan semakin luasnya pembangunan pemukiman dan jalan. Jika air tidak terserap dengan baik kedalam tanah, maka bersiaplah jika suatu saat daerah kita akan kekurangan air bersih, karena air didalam tanah semakin sedikit.

Untuk menjaga keseimbangan air didaerah sekitar kita ada baiknya setiap rumah memiliki sumur resapan. Sumur resapan ini merupakan bagian kecil dari pekerjaan sipil. Berikut ini ada beberapa tipe sumur resapan yang bisa dibuat pada setiap bangunan maupun rumah tinggal.

Sumur Resapan Batu Bata

Sangat baik diterapkan untuk struktur tanah yang tidak terlalu baik dan tidak terlalu lembek juga. Sumur ini bisa dibuat dengan menggunakan pasangan bata setebal 15 cm sebagai dinding di sekeliling lubang. Pada bagian dasar sumur ini tidak perlu diberi ceruk, namun cukup diletakkan bebatuan, biasanya sering digunakan batu karang dan ijuk.



Sumur Resapan Beton

Sumur jenis ini diterapkan pada struktur tanah yang lembek dan memiliki kandungan air berkualitas kurang baik. Biasanya sudah tersedia dalam bentuk sumur pracetak, dan cukup memasukkannya kedalam lubang yang telah dibuat.
Diameter ukurannya adalah 1 meter dan tinggi 0,5 meter. Pada setiap sambungan diganjal batu kurang lebih 10 cm.
Pada bagian dinding beton sebaiknya diberi lubang kecil, sedangkan pada dasar sumur dibuat cerukan sedalam 0,7m berisi ijuk dan bebatuan berongga (batu karang). Tujuannya adalah untuk membantu mempermudah penyerapan air.


Sumur Resapan Batu Kali

Sumur jenis ini diterapkan pada struktur tanah yang baik. Hanya dengan membuat lubang, kemudian lubang tersebut diberi batu kali dan ijuk pada seluruh lubang. Tujuannya untuk mempermudah masuknya air dan menyaring kotoran dari air yang masuk kedalam lubang.

Sekarang silahkan pilih, sumur jenis apa yang baik untuk lingkungan rumah Anda, lalu terapkan. Tidak perlu kita lakukan untuk orang lain, untuk kita sendiri saja dulu. Untuk menjaga kelangsungan ketersediaan air tanah disekitar rumah kita. Dan akhirnya juga untuk mengurangi potensi banjir. Coba saja jika hal ini dilakukan setiap rumah tinggal, maka banjirpun akan berkurang. Dan yang paling penting adalah keterseiaan air tanah bisa terjaga. Semoga!

Editor | Jasa Taman | Agro Gemilang |

Posted by: Agro Gemilang Jasa Taman Updated at: 02.38

Tidak ada komentar:

Posting Komentar